Apa itu Mikrotik ? Apa itu Winbox ? Ini Penjelasannya...

Assalamualaikum Wr.Wb

Halo Friends... ketemu lagi bareng kami, LAHUMASIVA yang selalu memberikan tutorial yang menarik dan pastinya akan bermanfaat bagi kamu semua.Kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang Mikrotik. Apa itu Mikrotik? Apa Fungsinya ? Mari kupas lebih dalam lagi tentang mikrotik disini.

Pengertian Mikrotik

Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software) yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer yang berkantor pusat di Latvia. Mikrotik didirikan pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.

Mikrotik awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa layanan Internet (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi wireless. Saat ini MikroTik memberikan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan akses Internet di dunia dan juga sangat populer di Indonesia. MikroTik sekarang menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia.

Inilah Produk yang dihasilkan Mikrotik (Hardware) :
-Switch
-RouterBoard
-Groove
-Wireless Indoor dan Wireless Outdoor
-Antena

Mikrotik sebenarnya membuat banyak jenis hardware. Akan tetapi produk yang paling laris adalah routerboard. Routerboard sendiri adalah salah satu hardware yang menggunakan routerOS sebagai sistem operasi

Sedangkan Produk yang dihasilkan Mikrotik (Software) adalah RouterOS

Router OS
merupakan sebuah software yang dapat mengubah komputer menjadi sebuah router. RouterOS dibuat dari kernel linux dan penggunaannya adalah sebagai sistem operasi pada suatu komputer. RouterOS dapat kita unduh secara gratis di mikrotik.com/download akan tetapi kamu harus membayar untuk mendapatkan lisensi dan fitur-fitur lainnya.

Penamaan Routerboard

Jika kita mau membeli sebuah routerboard. Alangkah baiknya kita tahu jenis routerboard apa yang akan kita beli. Jika kita tidak jeli memilih routerboard, maka barang yang kita beli tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Berikut penjelasan tentang seri atau jenis pada routerboard mikrotik.


RB-941 G
Keterangan : 
  • RB = Routerboard
  • 9 = Seri routerboard
  • 4 = Jumlah port ethernet yang ada pada RB
  • 1 = Support 1 jaringan nirkabel atau wireless
  • G = Fitur routerboard (support kabel gigabyte)

Apa itu WinBox ??


Winbox adalah software utility atau perangkat lunak tambahan yang di gunakan untuk meremote atau mengakses sebuah alat mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) melalui operating system windows. Kebanyakan orang banyak mengkonfigurasi mikrotik os atau mikrotik routerboard menggunakan winbox di banding dengan yang mengkonfigurasi langsung lewat mode CLI (Command Line Interface). Hal ini karena menggunakan winbox dirasa lebih mudah dan simple dibanding melalui browser ataupun command line. Dan hasilnya pun juga lebih cepat.


Winbox bekerja pada layer 2 dan 3 karena winbox bisa diakses melalui IP address dan mac address. Versi terbaru winbox adalah versi 3. Winbox sendiri bersifat portable, selain itu size nya juga kecil.
Baca Juga : MENGENAL IPv6 dan Cara Menghitungnya
Fungsi dari winbox ini banyak sekali. Winbox mudah di install mudah dipakai, ringan serta cepat dan tepat. Berikut beberapa fungsi dari Winbox :
1. Setting Mikrotik router dalam mode GUI
2. Setting bandwith jaringan internet
3. Membelokir sebuah website/situs
4. Menyetting alat Mikrotik menjadi lebih cepat
5. Membuat dan menyetting Access Point
6. Dan Lain-lain

DOWNLOAD WINBOX KLIK DISINI


Nantikan tutorial tentang konfigurasi mikrotik pada postingan selanjutnya. Sekian Postingan kali ini keep follow us.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment

thanks gan infonnya

Balas

Silahkan Berkomentar Di Bawah ini
Tolong Gunakan kata kata sopan dan jangan memuat unsur SARA
Terima Kasih :)