10 Hal Sepele yang Buat Puasamu Sia-sia

Assalamualaikum Wr. Wb



Marhaban Ya Ramadhan. Alhamdulillah kita semua masih bisa melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan ini. Puasa merupakan ibadah yang sangat penting bagi umat muslim. Salah satu puasa yang hukumnya wajib dilakukan oleh setiap muslim yaitu puasa ramadhan. Pada Jumat,26 Mei Kemenag telah menentukan bahwa puasa ramadhan tahun ini akan jatuh pada 27 Mei.

Puasa merupakan momen yang sangat tepat untuk bertaubat, mencari pahala sebanyak-banyaknya sebab amalan yang dilakukan pada bulan ramadhan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Selain itu doa yang dipanjat saat bulan ramadhan akan diijabah oleh Allah. Ternyata perbuatan sepele pun juga dihitung ibadah, contoh tidur,bernafas dan diam. Begitu banyak sekali hikmah dan manfaat yang bisa kita dapat di bulan ramadhan ini.

Keutamaan di bulan ramadhan :

  • Amal dilipat gandakan
  • Terbukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka
  • Setan dibelenggu
  • Lailatul Qadr
  • Mempererat silaturahmi
  • Dan banyak lagi yang lain
Tentunya pada saat bulan puasa, kita harus menahan nafsu dan menghindar dari perbuatan yang menyebabkan puasa batal. Pada kali ini saya akan membahas tentang 10 Hal sepele yang bisa membuat puasamu menjadi sia sia.

Hal sepele bisa buat Puasamu sia-sia :

1. Membicarakan Orang Lain dan Suudzon


Hal ini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari kita sebagai manusia. Tanpa kita sadari kebiasaan itu kita lakukan di bulan suci ini. Kebiasaan itu bisa membuat puasa kita menjadi sia-sia. Solusinya, berfikir dahulu sebelum berbicara dan perbanyak dzikir. Jika tidak bisa, sebaiknya diam saja.

2. Berbohong


Berkata tidak sesuai dengan fakta atau berbohong bisa membuat puasa kita sia-sia, Rasulullah telah bersabda :

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903).

3. Berkata kotor


Dalam istilah jawa biasa dikenal dengan kata "misoh". Hal ini sering terjadi karena sudah menjadi kebiasaan. Sering kali kita saat dijahili atau diusili oleh teman, kita berkata kotor. Subhanallah, hindarilah perilaku jelek tersebut karena hal sepele tersebut ternyata bisa membuat puasa kita menjadi sia-sia. Rasulullah SAW bersabda :

لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الأَكْلِ وَالشَّرَبِ ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهُلَ عَلَيْكَ فَلْتَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ ، إِنِّي صَائِمٌ

Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”.


Maksud dari hadist ini adalah janganlah kamu berkata lagwu dan rofats. Lagwu adalah perkataan sia-sia yang tidak berfaedah. Rofats adalah perkataan porno. 

4. Menonton Film Dewasa


Menonton film dewasa merupakan salah satu hal yang membuat puasamu sia-sia atau bahkan bisa membatalkan puasa. Mengapa ? Karena isi konten dari film dewasa adalah orang orang yang sedang berzina. Subhanallah, jika melihatnya otomatis kamu akan zina mata. Allah tidak akan menerima puasamu jika kamu tidak bisa menahan syahwat.

5. Tidak Sholat


Tidak menunaikan shalat wajib merupakan salah satu penyebab tidak sahnya puasamu. Puasamu tidak akan bermanfaat pada hari kiamat nanti. Salah satu rukun islam adalah sholat. Jadi, bagaimana bisa seseorang menunaikan puasa tapi tidak sholat? Itu sama saja artinya "orang kafir sedang berpuasa". Otomatis jika kamu tidak sholat, puasamu juga tidak akan sah. "Sholatlah dahulu kemudian kerjakan puasa".

6. Tidur yang Berlebih


Semua pasti tahu bahwa tidurnya orang puasa adalah ibadah. Tapi, pernyataan tersebut tidak berlaku bagi orang yang tidur berlebihan saat puasa. Tidur yang berlebihan menyebabkan hilangnya pahala dan keutamaan saat puasa sehingga menyebabkan puasamu sia-sia. Lebih baik lakukan hal hal yang bermanfaat seperti mengaji, membantu ibu masak, menyapu, ngepel dan lain-lain.

7. Bertengkar, Adu domba, Berteriak-teriak


Bertengkar,berteriak dan mengadu domba dapat menyebabkan keutamaan/pahala puasamu berkurang bahkan bisa jadi sia-sia. Tahanlah emosi, dan perkataanmu. Mari jadikan puasa sebagai ajang menahan hawa nafsu dan emosi. 

8. Pacaran


Semua jenis pacaran, tidak memandang pacaran lewat chatting maupun pacaran pada umumnya, ternyata bisa membuat amalan puasa kita menjadi berkurang bahkan bisa menjadi sia-sia. Pacaran adalah suatu pelampiasan nafsu seseorang yang tidak kuat untuk sendiri. Pacaran juga bisa dikategorikan sebagai zina hati. Mengapa pacaran itu menghilangkan keutamaan puasa ? Karena pacaran bisa membuat seseorang tidak bisa lagi menahan nafsu matanya, nafsu hatinya. Apalagi jika pacaran sambil ngabuburit.

9. Melihat Lawan Jenis


Apakah salah melihat lawan jenis saat berpuasa ? Tentu saja tidak. Nafsulah yang membuatnya menjadi salah. Keutamaan puasa akan hilang bila seseorang nafsu jika melihat lawan jenis apalagi yang bukan mahromnya. Jaga mata, jaga telinga, jaga mulut, dan pastinya jagalah hawa nafsu.
Ibnu katshir berkata :

Ini adalah perintah dari Allah Ta’ala kepada hamba-hambaNya yang beriman untuk menjaga (menahan) pandangan mereka dari hal-hal yang diharamkan atas mereka. Maka janganlah memandang kecuali memandang kepada hal-hal yang diperbolehkan untuk dipandang. Dan tahanlah pandanganmu dari hal-hal yang diharamkan.”

10. Mencuri dan Berbuat Maksiat


Subhanallah mencuri dan berbuat maksiat dapat mehilangkan keutamaan puasa. Semoga kita dijauhkan dari maksiat. Jagalah emosi dan nafsu, janganlah mencuri tapi bersedekahlah.

Itu tadi hal hal yang bisa menyebabkan pahala puasa atau keutamaan puasa hilang. Mungkin kamu ada yang mau menambahkan atau berpendapat ? Silahkan ketik di kolom komentar di bawah. Semoga kita dijauhkan dari hal hal tersebut dan semoga puasa kita menjadi barokah,berkah dan dapat diterima oleh Allah SWT Aamiin.

Sekian dari saya, pesan saya tetap jalankan puasa sesuai syariat, perbanyaklah berbuat amal baik, dan bertaubatlah.
Wassalamualaikum wr. wb.

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 comments

banyak orang yang memanfaatkan waktu ngabuburit untuk pacaran pedahal gak boleh yh gan? dan dibulan puasa ini mulut memang harus dijaga extra

Balas

Wah, semoga selama sebulan ini tidak ada yang terjadi seperti diatas :D

Balas

Silahkan Berkomentar Di Bawah ini
Tolong Gunakan kata kata sopan dan jangan memuat unsur SARA
Terima Kasih :)