Cara Mudah Reset Router

Assalamualaikum Wr.wb

Hai kawan, bertemu lagi bersama lahumasiva yang selalu memberi tutorial yang menarik dan edukatif. Kali ini saya akan membahas tentang konfigurasi dasar mikrotik. Saya akan memberikan tutorial tentang cara mudah untuk mereset routerboard mikrotik. Bagi para pemula atau orang awam tentang mikrotik, mungkin postingan saya ini akan sedikit membantumu. Jika kamu belum tahu apa itu mikrotik, silahkan untuk membaca postingan saya sebelumnya tentang apa itu mikrotik ?

Pastinya kalian sudah tahu apa fungsi reset bukan ? Ya, reset sendiri digunakan untuk menghapus semua konfigurasi dan mengembalikannya pada settingan pabrik. Semua konfigurasi akan ter reset tergantung pada jenis reset yang dipilih. Reset juga berguna ketika kita lupa password login pada router mikrotik. Pada mikrotik sendiri reset dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu hard reset dan soft reset. Bagaimana caranya ? Tenang kali ini saya akan mengupas tuntas tentang cara mereset router mikrotik.

Baca Juga :


Hard Reset Router

Saya akan memulai membahas reset router dengan metode hard reset atau mereset secara hardware.  Jika kita mereset secara hardware, maka router akan kembali menggunakan konfigurasi default mikrotik. Metode ini bisa kalian lakukan jika kalian lupa user atau password router. Caranya pun sangat mudah sekali.

  • Pertama, siapkan bolpoin,jarum,lidi, atau barang lain yang mempunyai ujung yang dapat dimasukkan kedalam tombol reset.
  • Jangan lupa untuk mencolokkan adaptor router ke aliran listrik.
  • Lalu colokkan ujung bolpoin atau lidi ke dalam lubang reset selama +-5 detik . Pelan pelan saja, tidak usah terlalu keras,cukup sampai terasa tertekan saja.
  • Setelah itu colokkan adaptor ke port power sambil terus menekan tombol reset

  • Lalu lepaskan jika LED sudah mulai berkelip.
  • Reset router secara hard reset telah berhasil dilakukan
Setelah direset maka router akan menampilkan konfigurasi default/ bawaan pabrik. Untuk langkah selanjutnya, silahkan akses routerboard seperti biasa. Jika kamu belum tahu cara mengakses router mikrotik, silahkan baca di postingan "Cara mengakses routerboard mikrotik"

Soft Reset Router

Berbeda dengan hard reset router, soft reset menggunakan media software remote router sebagai perantaranya. Tidak perlu lidi ataupun bolpoin untuk meresetnya, kamu bisa menggunakan winbox dan putty. Untuk mode reset ini, kamu bisa memilih mode atau jenis reset yang diinginkan. Secara umum jenis reset pada soft reset dibedakan menjadi 3, yaitu :

  • Keep User Configuration = Artinya semua user dan password yang kita tambahkan tidak akan terhapus.
  • No-Defaults = artinya semua konfigurasi akan di reset/dihapus tanpa terkecuali.
  • Do Not Backup = Artinya semua konfigurasi akan di reset termasuk file backupan.




Karna saya ingin router benar-benar fresh atau kosong dari konfigurasi. Saya akan memiih No Default Configuration. Jika kamu tidak mencentang salah satu pilihan jenis reset, maka router akan kembali pada setttingan pabrik dengan ip 192.168.88.1

Untuk mode CLI kamu bisa menggunakan terminal pada winbox atau bisa juga menggunakan SSH/Telnet pada putty. Cukup ketikkan :

Ket : Jika ingin mereset pabrik cukup tuliskan system reset-configuration lalu enter, jika ingin menambahkan jenis reset cukup tuliskan dibelakangnya lalu beri keterangan =yes

Sekian tutorial singkat kali ini. Jika ingin ditanyakan silahkan berkomentar di bawah. Semoga bermanfaat dan berkah. Gunakan dengan bijak ya..
Sekian
Wassalamualaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan Berkomentar Di Bawah ini
Tolong Gunakan kata kata sopan dan jangan memuat unsur SARA
Terima Kasih :)